Minggu, 02 September 2012

............................................... Air ....................................................


Air merupakan salah satu kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup akan mati. Selain untuk kebutuhan hidup, air juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Salah satu manfaat air adalah untuk sarana transportasi. Kapal merupakan alat transportasi air yang digunakan oleh manusia untuk bepergian. Kegiatan manusia, seperti membuang sampah di sungai dapat mempengaruhi daur air sehingga dapat menimbulkan banjir.
Air memberi kehidupan pada semua makhluk hidup. Dengan demikian, air digunakan secara terus-menerus oleh semua makhluk hidup. Apakah air yang ada di bumi ini dapat habis? Sebenarnya air yang ada di bumi ini tidak akan pernah habis. Akan tetapi, mengapa akhir-akhir ini banyak daerah mengalami kekeringan?
Apa yang akan terjadi apabila dalam kehidupan manusia tidak ada air? Pernahkah kalian merasa haus setelah berolah raga atau melakukan perjalanan jauh? Apa yang kalian perlukan agar kalian tidak merasa haus lagi? Dalam kehidupan seharisehari air kita manfaatkan sebagai air minum. Banyak sekali manfaat air dalam kehidupan, tahukah kalian manfaat air lainnya selain digunakan sebagai air minum? Agar lebih mengetahui manfaat air bagi kehidupan, perhatikan uraian berikut ini!

A.      Manfaat Air Bagi Manusia
Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Penyakit-penyakit yang menyerang manusia dapat juga ditularkan dan di­sebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya dapat menimbulkan wabah penyakit dimana-mana.
Volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh ma­nusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.
Air yang kita gunakan sehari-hari berasal dari sumber air di antaranya adalah sumur tradisional, sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Danau, sungai, laut, dan mata air merupakan sumber air alami. Selain untuk minum air juga digunakan untuk mencuci, mandi, masak, dan menyiram tanaman. 
Apa yang kalian rasakan apabila tidak mandi dalam sehari? Kalian tentu akan merasa gerah, badan lengket, dan tubuh menjadi tidak segar. Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan. Pakaian dan alat rumah tangga yang kotor tentunya harus di cuci agar bersih. Untuk mencuci juga diperlukan air. Air juga digunakan oleh ibu untuk memasak dan membersihkan sayuran sebelum dimasak. Sebagian tubuh kita terdiri dari air. Apabila tidak minum air selain kehausan, tubuh kitapun menjadi lemas. 
Banyak sekali kegunaan air dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan air dengan sebaik-baiknya. Air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari suatu proses yang cukup panjang yang disebut daur air.

B.      Daur Air
Daur / siklus hidrologi, siklus air, atau siklus H2O adalah sirkulasi yang tidak pernah berhenti (terus menerus) dari air di bumi dimana air dapat berpindah dari darat ke udara kemudian ke darat lagi bahkan tersimpan di bawah permukaan dalam tiga fasenya yaitu cair (air), padat (es), dan gas (uap air). Daur air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke Bumi. Daur air ini terjadi melalui proses evaporasi (penguapan), presipitasi (pengendapan), dan kondensasi (pengembunan).
Tahukah kalian dari mana asal mula air yang setiap hari kita gunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan aktivitas lainnya? Air yang berasal dari sungai, danau, dan sumber air lainnya akan mengalir ke laut. Air yang berada di laut, sungai dan danau akan mengalami penguapan. Penguapan ini menyebabkan air berubah wujud menjadi uap air yang akan naik ke angkasa. Uap air ini kemudian berkumpul menjadi gumpalan awan.
Gumpalan awan yang ada di angkasa akan mengalami pengembunan karena suhu udara yang rendah. Pengembunan ini membuat uap air berubah wujud menjadi kumpulan titik-titik air yang tampak sebagai awan hitam. Titik-titik air yang semakin banyak akan jatuh ke permukaan bumi, yang kita kenal dengan hujan. Sebagian air hujan akan meresap ke dalam tanah dan yang lainnya akan tetap di permukaan. Air yang meresap ke dalam tanah inilah yang akan menjadi sumber mata air sedangkan air yang tetap di permukaan laut akan dilairkan ke sungai, danau, dan saluran air lainnya. Air permukaan inilah yang akan menguap lagi nantinya membentuk rentetan peristiwa hujan.


-->
Proses Siklus Air (Siklus Hidrologi) di Bumi

Sama seperti proses fotosintesis pada siklus karbon, matahari juga berperan penting dalam siklus hidrologi. Matahari merupakan sumber energi yang mendorong siklus air, memanaskan air dalam samudra dan laut. Akibat pemanasan ini, air menguap sebagai uap air ke udara. 90 % air yang menguap berasal dari lautan. Es dan salju juga dapat menyublim dan langsung menjadi uap air. Selain itu semua, juga terjadi evapotranspirasi air terjadi dari tanaman dan menguap dari tanah yang menambah jumlah air yang memasuki atmosfer.

Daur hidrologi sering juga dipakai istilah water cycle atau siklus air. Suatu sirkulasi air yang meliputi gerakan mulai dari laut ke atmosfer, dari atmosfer ke tanah, dan kembali ke laut lagi atau dengan arti lain siklus hidrologi merupakan rangkaian proses berpindahnya air permukaan bumi dari suatu tempat ke tempat lainnya hingga kembali ke tempat asalnya.

Air naik ke udara dari permukaan laut atau dari daratan melalui evaporasi. Air di atmosfer dalam bentuk uap air atau awan bergerak dalam massa yang besar di atas benua dan dipanaskan oleh radiasi tanah. Panas membuat uap air lebih naik lagi sehingga cukup tinggi/dingin untuk terjadi kondensasi.Uap air berubah jadi embun dan seterusnya jadi hujan atau salju. Curahan (precipitation) turun ke bawah, ke daratan atau langsung ke laut. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai, terus kembali ke laut. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai, terus kembali ke laut melengkapi siklus air.

Dalam perjalanannya dari atmosfer ke luar, air mengalami banyak interupsi. Sebagian dari air hujan yang turun dari awan menguap sebelum tiba di permukaan bumi, sebagian lagi jatuh di atas daun tumbuh-tumbuhan (intercception) dan menguap dari permukaan daun-daun. Air yang tiba di tanah dapat mengalir terus ke laut, namun ada juga yang meresap dulu ke dalam tanah (infiltration) dan sampai ke lapisan batuan sebagai air tanah.

Sebagian dari air tanah dihisap oleh tumbuh-tumbuhan melalui daun-daunan lalu menguapkan airnya ke udara (transpiration). Air yang mengalir di atas permukaan menuju sungai kemungkinan tertahan di kolam, selokan, dan sebagainya (surface detention), ada juga yang sementara tersimpan di danau, tetapi kemudian menguap atau sebaliknya, sebagian air mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, hingga menuju ke laut ( surface run off ), sebagian lagi infiltrasi ke dasar danau-danau dan bergabung di dalam tanah sebagai air tanah yang pada akhirnya ke luar sebagai mata air.


Siklus hidrologi dibedakan ke dalam tiga jenis yaitu:
1. Siklus Pendek : Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang.
2. Siklus Sedang : Air laut menguap lalu dibawa oleh angin menuju daratan dan melalui proses kondensasi berubah menjadi awan lalu jatuh sebagai hujan di daratan dan selanjutnya meresap ke dalam tanah lalu kembali ke laut melalui sungai-sungai atau saluran-saluran air. 
3. Siklus Panjang : Air laut menguap, setelah menjadi awan melalui proses kondensasi, lalu terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi di daratan dan terjadilah hujan salju atau es di pegunungan-pegunungan yang tinggi. Bongkah-bongkah es mengendap di puncak gunung dan karena gaya beratnya meluncur ke tempat yang lebih rendah, mencair terbentuk gletser lalu mengalir melalui sungai-sungai kembali ke laut.

Unsur-unsur utama dalam siklus hidrologi :
·         Evaporasi: penguapan dari badan air secara langsung
·         Transpirasi: penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan
·         Respirasi: penguapan air dari tubuh hewan dan manusia
·         Evapotranspirasi: perpaduan evaporasi dan transpirasi
·       Kondensasi: proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan
·      Presipitasi: segala bentuk curahan atau hujan dari atmosfer ke bumi yang meliputi hujan air, hujan es, hujan salju.
·         Infiltrasi: air yang jatuh ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah.
·      Perkolasi: air yang meresap terus sampai ke kedalaman tertentu hingga mencapai air tanah atau groundwater 
      Run off: air yang mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, hingga menuju ke laut.

Setelah air tadi menjadi uap air, Arus udara naik mengambil uap air agar bergerak naik sampai ke atmosfir. Semakin tinggi suatu tempat, suhu udaranya akan semakin rendah. Nantinya suhu dingin di atmosfer menyebabkan uap air mengembun menjadi awan. Untuk kasus tertentu, uap air berkondensasi di permukaan bumi dan membentuk kabut.
Arus udara (angin) membawa uap air bergerak di seluruh dunia. Banyak proses meteorologi terjadi pada bagian ini. Partikel awan bertabrakan, tumbuh, dan air jatuh dari langit sebagai presipitasi. Beberapa presipitasi jatuh sebagai salju atau hail, sleet, dan dapat terakumulasi sebagai es dan gletser, yang dapat menyimpan air beku untuk ribuan tahun. Snowpack (salju padat) dapat mencair dan meleleh, dan air mencair mengalir di atas tanah sebagai snowmelt (salju yang mencair). Sebagian besar air jatuh ke permukaan dan kembali ke laut atau ke tanah sebagai hujan, dimana air mengalir di atas tanah sebagai limpasan permukaan.
Sebagian dari limpasan masuk sungai, got, kali, lembah, dan lain-lain. Semua aliran itu bergerak menuju lautan. sebagian limpasan menjadi air tanah disimpan sebagai air tawar di danau. Tidak semua limpasan mengalir ke sungai, banyak yang meresap ke dalam tanah sebagai infiltrasi. Infiltrat air jauh ke dalam tanah dan mengisi ulang akuifer, yang merupakan toko air tawar untuk jangka waktu yang lama. Sebagian infiltrasi tetap dekat dengan permukaan tanah dan bisa merembes kembali ke permukaan badan air (dan laut) sebagai debit air tanah. Beberapa tanah menemukan bukaan di permukaan tanah dan keluar sebagai mata air air tawar. Seiring waktu, air kembali ke laut, di mana siklus hidrologi kita mulai.
Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam daur air. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jumlah air di Bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah. Secara sederhana daur air dapat digambarkan seperti di samping ini. Nah, dari proses daur air di atas coba sarikan terjadinya daur air! Akhir-akhir ini kekeringan terjadi di mana-mana. Padahal secara teori, air tidak akan pernah habis. Apakah faktor yang memengaruhinya?


C.      Kegiatan Manusia yang Dapat Mempengaruhi Daur Air


Daur air yang telah kalian pelajari pada bagian sebelumnya dapat terganggu dengan adanya kegiatan manusia. Kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terganggunya daur air adalah penebangan pohon di hutan secara belebihan yang mengakibatkan hutan menjadi gundul.
Coba amati kembali proses! Proses daur air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang mengalir di permukaan tanah dan masuk sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Ada juga air yang tergenang membentuk danau.
Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air). Persediaan Tidak Akan Habis Air mengalami daur yang terus berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Para ahli sangat yakin bahwa jumlah air sejak 3.000 juta tahun yang lalu hampir selalu sama. Hal ini mungkin sangat mengherankan kita. Akan tetapi, keadaan ini sekaligus memberi rasa aman bahwa dunia tidak akan pernah kehabisan air. Evaporasi Presipitasi Udara jenuh uap air Kondensasi Awan Air Hujan Uap air Bagan proses daur air.
Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah peresapan air biasa terdapat di hutan-hutan. Tetumbuhan hutan mampu memperkokoh struktur tanah. Saat hujan turun, air tidak langsung hanyut, tetapi akan teresap dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah akan menjadi air tanah. Air akan lebih mudah meresap jika terdapat banyak tumbuhan. Air yang meresap akan diserap oleh akar tumbuhan tersebut. Adanya air dan akar di dalam tanah menyebabkan struktur tanah menjadi kokoh dan tidak mudah longsor.
Nah, menyimak uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan hutan sangat penting. Hutan berperan dalam penyimpanan air. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan. Saat ini telah banyak hutan yang gundul akibat penebangan liar. Selain penebangan, hutan dapat rusak akibat pembakaran. Biasanya hutan ditebang atau dibakar dengan alasan tertentu. Seperti untuk membuka lahan, pertanian, perumahan, atau industri. Kegiatankegiatan ini dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Akibatnya, pada saat hujan terjadi banjir dan pada saat kemarau banyak daerah mengalami kekeringan.
Di perkotaan hingga di pedesaan kini marak pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton. Penutupan tanah dengan aspal atau beton dapat menghalangi meresapnya air hujan ke dalam tanah. Akibatnya, pada saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan air menggenangi jalan-jalan.
Nah, apa kira-kira akibatnya jika daerah peresapan air semakin berkurang? Apabila daerah peresapan air semakin berkurang, cadangan air di bumi ini semakin menipis. Hal ini dapat mengakibatkan sungai-sungai dan danau menjadi kering. Keringnya sungai dan danau menyebabkan proses penguapan semakin menurun. Menurunnya proses penguapan ini menyebabkan berkurangnya pengendapan titik-titik air di awan. Keadaan ini tentu mengurangi terjadinya hujan.
Kegiatan manusia lainnya yang juga dapat mengakibatkan terganggunya daur air, di antaranya,
1. membiarkan lahan kosong tidak ditanami dengan tumbuhan,
2. menggunakan air secara berlebihan untuk kegiatan sehari-hari, dan
3. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-bangunan lain.

D.      Menghemat Air

Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup termasuk manusia. Terganggunya daur air akan menyebabkan terganggunya keseimbangan makhluk hidup yang ada di bumi. Salah satu kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terganggunya daur air adalah penggunaan air secara berlebihan. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat menggunakan air sesuai dengan kebutuhan.
Penghematan air merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan agar air yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan hidup. Pada saat mandi, mencuci, menggosok gigi, dan kegiatan lainnya yang menggunakan air kita harus menggunakan air secara hemat. Dengan menghemat air, kita akan turut berperan dalam memelihara salah satu sumber kehidupan kita.

79 komentar:

  1. ka apa saja sih manfaat air yang ada di atas?

    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai siti annisa.

      apa sih manfaat air?
      air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      kalau kamu masih kurang jelas nanti tanyakan lagi yah...?

      Hapus
  2. evaporasi artinya apa ?

    "bagus priaji budiono"

    BalasHapus
    Balasan
    1. evaporasi juga dapat di artikan sebagai penguapan dari badan air secara langsung.

      Hapus
  3. ka apa saja sich manfaat air selain yg d atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti yang kakak jelaskan kepada siti aninsa di atas.

      air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      Hapus
  4. ka manfaat daur air bagi mansia apa ka??
    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      Hapus
  5. ka manfaat daur air bagi mansia apa ka??
    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. daur air sangat bermanfaat bagi manusia dan seluruh mahluk hidup yang ada di bumi baik hewan maupun tumbuhan karena dari daur air kita dapat merasakan adanya hujan sehingga perputaran air di bumi pun dapat merata.

      coba kalau tidak ada daur air maka di bumi tidak akan ada hujan sehingga menyebabkan kekeringan dan manusiapun tidak akan dapat bertahan hidup.

      Hapus
  6. ka air sangat dibutuhkan oleh tubuh ,karena dari beberapa organ tubuh manusia banyak yg mengandung air .organ membutuhkan banyak air antara lain ,kecuali ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. organ-organ mausia yang sangat memerlukan air di antaranya adalah otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

      Hapus
  7. kak asal mula air brasal dri mna sihh?

    "Haykhal Hilmi"

    Sdn 07 pg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para astronomi berpendapat asal mula air di awali bersamaan dengan terbentuknya bumi.

      Seperti diketahui, 70% permukaan Bumi merupakan air. Namun, asal muasal air yang menutupi planet hunian manusia ini terus menjadi misteri.

      Asal pasti air yang menutupi sekitar 70% permukaan Bumi masih terus menjadi perdebatan dan misteri bagi para ilmuwan. Banyak ilmuwan menduga, obyek di luar angkasa mengirim air ke Bumi dalam tabrakan dahsyat segera setelah Bumi terbentuk.

      Dugaan tersebut menggantikan anggapan air terbentuk bersamaan terbentuknya Bumi. Peneliti berspekulasi, air yang muncul di permukaan planet ini saat terbentuk 4,5 miliar tahun silam kemungkinan besar bisa menguap oleh matahari muda.

      Itu kakak jelaskan secara singkat nanti kalau masih kurang penjelasannya kamu bisa tanyakan kembali yah..

      Hapus
  8. kak,transpirasi artinta apa kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taranspirasi dapat diartikan sebagai penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Oleh karena itu tumbuhan (pohon) sangat bermanfaat bagi proses daur air.

      Hapus
  9. ka uap air naik ke udara membentuk apa ka;ilma amalia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membentuk kumpulan gas yang seperti kita lihat yaitu awan.

      Hapus
  10. kak,transpirasi artinya apa kak??? "Nur Safitri"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transpirasi dapat diartikan secara singkat yaitu penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Hapus
  11. kak mengapa klo daur air sangat membutuhkan matahari


    "ruri rian s.h"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dalam daur, air yang ada di muka bumi hanya dapat naik ke dan berubah menjadi awan haya dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari.

      Oleh karena itu matahari sangat di perlukan dalam proses daur air.

      Hapus
  12. ka siklus hidrologi sering di sebut apa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siklus hidrologi sering disebut sebagai siklus air atau daur air.

      Hapus
  13. kak mengapa kegiatan manusia mempengaruhi daur air?
    JELASKAN!!

    "ruri rian s.h"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua kegiatan manusia dapat mempengaruhi daur air hanya saja ada beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi proses daur air seperti:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.

      Hapus
  14. KAK KENAPA SIH KL POHON YG DI HUTAN PEPOHONANNYA MWRESAP AIRHUJAN? "YOLANDA KRIS RORORA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu dapat di ubah oleh tananman sehingga air hujan dapat berubah secara alami menjadi air tanah.

      Tanaman di hutan mempunyai fungsi lain juga karena dsengan meresap air hujan sehingga dapat mengghindari terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

      Hapus
  15. ka siklus hidrologi di sebut apa??? "dwi via c-b"

    BalasHapus
    Balasan
    1. siklus hidrologi dapat disebut siklus air atau daur air.
      :)

      Hapus
  16. ka kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap daur air di bumi apa??? al-syahra.n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kegiatan manusia yang dapat berdampak pada proses daur air, mungkin kakak sebutkan beberapa diantaranya yaitu:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.

      Hapus
  17. hai ka indah aq sarah
    wah... artikel-y bagus banget.
    jadi aq bisa untuk bacaan untuk UAS deh.

    "thanks ya ka indah"

    BalasHapus
  18. ka aku mau nanya kita diharuskan meminum air sebanyak ??

    "diana nur fitriana "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 8-10 gelas sehari karena di dalam tubuh kita 65%nya terdiri dari air dan banyak organ-organ tubuh kita yang sangat memerlukan air. oleh karena itu manusia sangat memerluakan air

      Hapus
  19. kakknp sih kok tubuh membutuhkan banyak air "yolanda kris rorora

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya hampir sama dengan jawaban dian yaitu karena kita minimal meminum 8-10 gelas sehari karena di dalam tubuh kita 65%nya terdiri dari air dan banyak organ-organ tubuh kita yang sangat memerlukan air. oleh karena itu manusia sangat memerluakan air.

      Hapus
  20. kak kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap daur air di bumi apa saja??? al-syahra.n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan manusia yang berdampak negatif macam2.
      ada yang karena:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.dll

      Hapus
  21. ka kenapa air lebih penting dari udara bagi kehidupan manusia ?


    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya sama2 penting karena di manusia membuhkan oksigen untuk hidup dan begitu juga dengan air, tubuh pun membutuhkan air untuk bertahan hidup.

      Hapus
  22. kak artinya transpirasi artinya apa ??


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transpirasi dapat di artikan yaitu penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Kakak baru mempostingkan data dari siklus hidrologi yang waktu itu kakak bilang hilang, nt kamu bisa melihatnya di postingan yang sebelum ini yah vika.

      Oya terima kasih ya atas kunjungan kamu ke blog kakak.

      Hapus
  23. ka betoninasi apa sihhh?

    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betonisasi itu pembuatan jalan yang menggunakan semen dan campuran lainnya yang sering kamu dengar seperti "jalanannya sedang di cor atau jalanan itu sedang di beton"
      hal itu bisa di sebut dengan betonisasi.

      Hapus
  24. ka kegiatan manusia yg dpat menyebabkan terganggunya daur air apa sich ka selain yg diatas?????

    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya banyak sekali faradita.
      salah satunya seperti membuang sampah sembaragan, pembuatan jalan menggunakan beton, membiarkan lahan kosong tidak ditanami, dll.

      Hapus
  25. ka apa sich yg dimaksud akomodasi??
    "monica evelin"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akomodasi dapat juga diartikan sebagai sesuatu yg disediakan untuk memenuhi kebutuhan.

      Hapus
  26. kandungan uap airpada awan akan di ubah menjadi hujan jika terjadi peroses apa si kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kandungan uap air pada awan akan di ubah menjadi hujan jika terjadi peroses apa sih kak penguapan apa pendinginan "merina astri cahyani" kelas:v a

      Hapus
    2. Itu karena proses pendinginan, sehingga membentuk kristal es dan kemudian jatuh ke bumi dengan bentuk tetesan air hujan.

      Hapus
  27. ka pembuatan jalan yang tidak mempengaruhi daur air sebaiknya menggunakkan ??


    "jelita salprina"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya menggunakan conblok karen dengan mengunakan conblok air dapat langsung meresap ke dalam tanah.

      Hapus
  28. ka siklus hidrologi sering di sebut apa ??


    "dhea azzahra"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siklus hidrologi sering disebut degan daur air atau siklus air.

      Hapus
  29. ka apa sich yang dimaksud dengan fotosintesis ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di maksud dengan fotosintesis itu adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

      Hapus
  30. ka apa sich yang di maksud daur air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daur / siklus hidrologi, siklus air, atau siklus H2O adalah sirkulasi yang tidak pernah berhenti (terus menerus) dari air di bumi dimana air dapat berpindah dari darat ke udara kemudian ke darat lagi bahkan tersimpan di bawah permukaan dalam tiga fasenya yaitu cair (air), padat (es), dan gas (uap air). Daur air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke Bumi.

      Hapus
  31. ka kenapa sich manusia kalau tanpa air tidak bisa bertahan hidup ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena 65% dari tubuh kita terdiri dari air jadi jika tubuh kita kekurangan air maka kita tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  32. ka kenapa sich manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena 65% dari tubuh kita terdiri dari air jadi jika tubuh kita kekurangan air maka kita tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  33. ka emang nya apa sich per bedaan nya fotosintesis sama daur air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau foto sintesis itu membahas tentang proses pembuatan makanan pada tumbuahan tetapi kalau daur air itu menceritakan tentang proses terjadinya hujan.

      Hapus
  34. ka jika seseorang kekurengan air dalam tubuhnya maka orang tersebut akan ??????


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan mati atau tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  35. ka apa sih artinya daur air dan fotosintesis ??


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotosintesis itu membahas tentang proses pembuatan makanan pada tumbuahan tetapi kalau daur air itu menceritakan tentang proses terjadinya hujan.

      Hapus
  36. kak kenapa sih dinapakan daur air ??? "merina astri cahyani" kelas;v a

    BalasHapus
  37. ka apakah ada manfaat air selain buat mandi dan memasak?

    "aliftra rima rachmadani"

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaat air banyaksekali aliftra, air juga dapat dimanfaatkan manusia sebagai pembangkit tenaga listrik, tempat untuk berekreasi,dan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi.

      Hapus
  38. ka materinya bagus dan video siklus hidrologinya juga bagus ka.
    ka indah kapan ngajar di kelas aku lagi?
    aku tunggu yah ka...

    "Rizki Putra Ramadhan"

    BalasHapus
  39. Kakak saya Nova Yulianti.

    kakak maaf yah saya buru buka blog kakak.
    wah ternyata isi dari soal yang kakak kasih ke saya waktu itu ada semua ya kak jawabannya di sini.

    Terima kasih ya kak indah yang cantik.

    kakak kapan ngajar di kelas saya lagi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya waktu di kelas kamu kan kakak juga sudah katakan kalau semua jawaban ada di blog kakak jadi kamu tingal buka dan baca saja deh.

      hahaha...
      Kamu bisa aja..
      Terima kasih ya :)

      Hapus

Minggu, 02 September 2012

............................................... Air ....................................................


Air merupakan salah satu kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup akan mati. Selain untuk kebutuhan hidup, air juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Salah satu manfaat air adalah untuk sarana transportasi. Kapal merupakan alat transportasi air yang digunakan oleh manusia untuk bepergian. Kegiatan manusia, seperti membuang sampah di sungai dapat mempengaruhi daur air sehingga dapat menimbulkan banjir.
Air memberi kehidupan pada semua makhluk hidup. Dengan demikian, air digunakan secara terus-menerus oleh semua makhluk hidup. Apakah air yang ada di bumi ini dapat habis? Sebenarnya air yang ada di bumi ini tidak akan pernah habis. Akan tetapi, mengapa akhir-akhir ini banyak daerah mengalami kekeringan?
Apa yang akan terjadi apabila dalam kehidupan manusia tidak ada air? Pernahkah kalian merasa haus setelah berolah raga atau melakukan perjalanan jauh? Apa yang kalian perlukan agar kalian tidak merasa haus lagi? Dalam kehidupan seharisehari air kita manfaatkan sebagai air minum. Banyak sekali manfaat air dalam kehidupan, tahukah kalian manfaat air lainnya selain digunakan sebagai air minum? Agar lebih mengetahui manfaat air bagi kehidupan, perhatikan uraian berikut ini!

A.      Manfaat Air Bagi Manusia
Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Penyakit-penyakit yang menyerang manusia dapat juga ditularkan dan di­sebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya dapat menimbulkan wabah penyakit dimana-mana.
Volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh ma­nusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.
Air yang kita gunakan sehari-hari berasal dari sumber air di antaranya adalah sumur tradisional, sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Danau, sungai, laut, dan mata air merupakan sumber air alami. Selain untuk minum air juga digunakan untuk mencuci, mandi, masak, dan menyiram tanaman. 
Apa yang kalian rasakan apabila tidak mandi dalam sehari? Kalian tentu akan merasa gerah, badan lengket, dan tubuh menjadi tidak segar. Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan. Pakaian dan alat rumah tangga yang kotor tentunya harus di cuci agar bersih. Untuk mencuci juga diperlukan air. Air juga digunakan oleh ibu untuk memasak dan membersihkan sayuran sebelum dimasak. Sebagian tubuh kita terdiri dari air. Apabila tidak minum air selain kehausan, tubuh kitapun menjadi lemas. 
Banyak sekali kegunaan air dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan air dengan sebaik-baiknya. Air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari suatu proses yang cukup panjang yang disebut daur air.

B.      Daur Air
Daur / siklus hidrologi, siklus air, atau siklus H2O adalah sirkulasi yang tidak pernah berhenti (terus menerus) dari air di bumi dimana air dapat berpindah dari darat ke udara kemudian ke darat lagi bahkan tersimpan di bawah permukaan dalam tiga fasenya yaitu cair (air), padat (es), dan gas (uap air). Daur air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke Bumi. Daur air ini terjadi melalui proses evaporasi (penguapan), presipitasi (pengendapan), dan kondensasi (pengembunan).
Tahukah kalian dari mana asal mula air yang setiap hari kita gunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan aktivitas lainnya? Air yang berasal dari sungai, danau, dan sumber air lainnya akan mengalir ke laut. Air yang berada di laut, sungai dan danau akan mengalami penguapan. Penguapan ini menyebabkan air berubah wujud menjadi uap air yang akan naik ke angkasa. Uap air ini kemudian berkumpul menjadi gumpalan awan.
Gumpalan awan yang ada di angkasa akan mengalami pengembunan karena suhu udara yang rendah. Pengembunan ini membuat uap air berubah wujud menjadi kumpulan titik-titik air yang tampak sebagai awan hitam. Titik-titik air yang semakin banyak akan jatuh ke permukaan bumi, yang kita kenal dengan hujan. Sebagian air hujan akan meresap ke dalam tanah dan yang lainnya akan tetap di permukaan. Air yang meresap ke dalam tanah inilah yang akan menjadi sumber mata air sedangkan air yang tetap di permukaan laut akan dilairkan ke sungai, danau, dan saluran air lainnya. Air permukaan inilah yang akan menguap lagi nantinya membentuk rentetan peristiwa hujan.


-->
Proses Siklus Air (Siklus Hidrologi) di Bumi

Sama seperti proses fotosintesis pada siklus karbon, matahari juga berperan penting dalam siklus hidrologi. Matahari merupakan sumber energi yang mendorong siklus air, memanaskan air dalam samudra dan laut. Akibat pemanasan ini, air menguap sebagai uap air ke udara. 90 % air yang menguap berasal dari lautan. Es dan salju juga dapat menyublim dan langsung menjadi uap air. Selain itu semua, juga terjadi evapotranspirasi air terjadi dari tanaman dan menguap dari tanah yang menambah jumlah air yang memasuki atmosfer.

Daur hidrologi sering juga dipakai istilah water cycle atau siklus air. Suatu sirkulasi air yang meliputi gerakan mulai dari laut ke atmosfer, dari atmosfer ke tanah, dan kembali ke laut lagi atau dengan arti lain siklus hidrologi merupakan rangkaian proses berpindahnya air permukaan bumi dari suatu tempat ke tempat lainnya hingga kembali ke tempat asalnya.

Air naik ke udara dari permukaan laut atau dari daratan melalui evaporasi. Air di atmosfer dalam bentuk uap air atau awan bergerak dalam massa yang besar di atas benua dan dipanaskan oleh radiasi tanah. Panas membuat uap air lebih naik lagi sehingga cukup tinggi/dingin untuk terjadi kondensasi.Uap air berubah jadi embun dan seterusnya jadi hujan atau salju. Curahan (precipitation) turun ke bawah, ke daratan atau langsung ke laut. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai, terus kembali ke laut. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai, terus kembali ke laut melengkapi siklus air.

Dalam perjalanannya dari atmosfer ke luar, air mengalami banyak interupsi. Sebagian dari air hujan yang turun dari awan menguap sebelum tiba di permukaan bumi, sebagian lagi jatuh di atas daun tumbuh-tumbuhan (intercception) dan menguap dari permukaan daun-daun. Air yang tiba di tanah dapat mengalir terus ke laut, namun ada juga yang meresap dulu ke dalam tanah (infiltration) dan sampai ke lapisan batuan sebagai air tanah.

Sebagian dari air tanah dihisap oleh tumbuh-tumbuhan melalui daun-daunan lalu menguapkan airnya ke udara (transpiration). Air yang mengalir di atas permukaan menuju sungai kemungkinan tertahan di kolam, selokan, dan sebagainya (surface detention), ada juga yang sementara tersimpan di danau, tetapi kemudian menguap atau sebaliknya, sebagian air mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, hingga menuju ke laut ( surface run off ), sebagian lagi infiltrasi ke dasar danau-danau dan bergabung di dalam tanah sebagai air tanah yang pada akhirnya ke luar sebagai mata air.


Siklus hidrologi dibedakan ke dalam tiga jenis yaitu:
1. Siklus Pendek : Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang.
2. Siklus Sedang : Air laut menguap lalu dibawa oleh angin menuju daratan dan melalui proses kondensasi berubah menjadi awan lalu jatuh sebagai hujan di daratan dan selanjutnya meresap ke dalam tanah lalu kembali ke laut melalui sungai-sungai atau saluran-saluran air. 
3. Siklus Panjang : Air laut menguap, setelah menjadi awan melalui proses kondensasi, lalu terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi di daratan dan terjadilah hujan salju atau es di pegunungan-pegunungan yang tinggi. Bongkah-bongkah es mengendap di puncak gunung dan karena gaya beratnya meluncur ke tempat yang lebih rendah, mencair terbentuk gletser lalu mengalir melalui sungai-sungai kembali ke laut.

Unsur-unsur utama dalam siklus hidrologi :
·         Evaporasi: penguapan dari badan air secara langsung
·         Transpirasi: penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan
·         Respirasi: penguapan air dari tubuh hewan dan manusia
·         Evapotranspirasi: perpaduan evaporasi dan transpirasi
·       Kondensasi: proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan
·      Presipitasi: segala bentuk curahan atau hujan dari atmosfer ke bumi yang meliputi hujan air, hujan es, hujan salju.
·         Infiltrasi: air yang jatuh ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah.
·      Perkolasi: air yang meresap terus sampai ke kedalaman tertentu hingga mencapai air tanah atau groundwater 
      Run off: air yang mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, hingga menuju ke laut.

Setelah air tadi menjadi uap air, Arus udara naik mengambil uap air agar bergerak naik sampai ke atmosfir. Semakin tinggi suatu tempat, suhu udaranya akan semakin rendah. Nantinya suhu dingin di atmosfer menyebabkan uap air mengembun menjadi awan. Untuk kasus tertentu, uap air berkondensasi di permukaan bumi dan membentuk kabut.
Arus udara (angin) membawa uap air bergerak di seluruh dunia. Banyak proses meteorologi terjadi pada bagian ini. Partikel awan bertabrakan, tumbuh, dan air jatuh dari langit sebagai presipitasi. Beberapa presipitasi jatuh sebagai salju atau hail, sleet, dan dapat terakumulasi sebagai es dan gletser, yang dapat menyimpan air beku untuk ribuan tahun. Snowpack (salju padat) dapat mencair dan meleleh, dan air mencair mengalir di atas tanah sebagai snowmelt (salju yang mencair). Sebagian besar air jatuh ke permukaan dan kembali ke laut atau ke tanah sebagai hujan, dimana air mengalir di atas tanah sebagai limpasan permukaan.
Sebagian dari limpasan masuk sungai, got, kali, lembah, dan lain-lain. Semua aliran itu bergerak menuju lautan. sebagian limpasan menjadi air tanah disimpan sebagai air tawar di danau. Tidak semua limpasan mengalir ke sungai, banyak yang meresap ke dalam tanah sebagai infiltrasi. Infiltrat air jauh ke dalam tanah dan mengisi ulang akuifer, yang merupakan toko air tawar untuk jangka waktu yang lama. Sebagian infiltrasi tetap dekat dengan permukaan tanah dan bisa merembes kembali ke permukaan badan air (dan laut) sebagai debit air tanah. Beberapa tanah menemukan bukaan di permukaan tanah dan keluar sebagai mata air air tawar. Seiring waktu, air kembali ke laut, di mana siklus hidrologi kita mulai.
Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam daur air. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jumlah air di Bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah. Secara sederhana daur air dapat digambarkan seperti di samping ini. Nah, dari proses daur air di atas coba sarikan terjadinya daur air! Akhir-akhir ini kekeringan terjadi di mana-mana. Padahal secara teori, air tidak akan pernah habis. Apakah faktor yang memengaruhinya?


C.      Kegiatan Manusia yang Dapat Mempengaruhi Daur Air


Daur air yang telah kalian pelajari pada bagian sebelumnya dapat terganggu dengan adanya kegiatan manusia. Kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terganggunya daur air adalah penebangan pohon di hutan secara belebihan yang mengakibatkan hutan menjadi gundul.
Coba amati kembali proses! Proses daur air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang mengalir di permukaan tanah dan masuk sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Ada juga air yang tergenang membentuk danau.
Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air). Persediaan Tidak Akan Habis Air mengalami daur yang terus berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Para ahli sangat yakin bahwa jumlah air sejak 3.000 juta tahun yang lalu hampir selalu sama. Hal ini mungkin sangat mengherankan kita. Akan tetapi, keadaan ini sekaligus memberi rasa aman bahwa dunia tidak akan pernah kehabisan air. Evaporasi Presipitasi Udara jenuh uap air Kondensasi Awan Air Hujan Uap air Bagan proses daur air.
Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah peresapan air biasa terdapat di hutan-hutan. Tetumbuhan hutan mampu memperkokoh struktur tanah. Saat hujan turun, air tidak langsung hanyut, tetapi akan teresap dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah akan menjadi air tanah. Air akan lebih mudah meresap jika terdapat banyak tumbuhan. Air yang meresap akan diserap oleh akar tumbuhan tersebut. Adanya air dan akar di dalam tanah menyebabkan struktur tanah menjadi kokoh dan tidak mudah longsor.
Nah, menyimak uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan hutan sangat penting. Hutan berperan dalam penyimpanan air. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan. Saat ini telah banyak hutan yang gundul akibat penebangan liar. Selain penebangan, hutan dapat rusak akibat pembakaran. Biasanya hutan ditebang atau dibakar dengan alasan tertentu. Seperti untuk membuka lahan, pertanian, perumahan, atau industri. Kegiatankegiatan ini dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Akibatnya, pada saat hujan terjadi banjir dan pada saat kemarau banyak daerah mengalami kekeringan.
Di perkotaan hingga di pedesaan kini marak pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton. Penutupan tanah dengan aspal atau beton dapat menghalangi meresapnya air hujan ke dalam tanah. Akibatnya, pada saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan air menggenangi jalan-jalan.
Nah, apa kira-kira akibatnya jika daerah peresapan air semakin berkurang? Apabila daerah peresapan air semakin berkurang, cadangan air di bumi ini semakin menipis. Hal ini dapat mengakibatkan sungai-sungai dan danau menjadi kering. Keringnya sungai dan danau menyebabkan proses penguapan semakin menurun. Menurunnya proses penguapan ini menyebabkan berkurangnya pengendapan titik-titik air di awan. Keadaan ini tentu mengurangi terjadinya hujan.
Kegiatan manusia lainnya yang juga dapat mengakibatkan terganggunya daur air, di antaranya,
1. membiarkan lahan kosong tidak ditanami dengan tumbuhan,
2. menggunakan air secara berlebihan untuk kegiatan sehari-hari, dan
3. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-bangunan lain.

D.      Menghemat Air

Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup termasuk manusia. Terganggunya daur air akan menyebabkan terganggunya keseimbangan makhluk hidup yang ada di bumi. Salah satu kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terganggunya daur air adalah penggunaan air secara berlebihan. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat menggunakan air sesuai dengan kebutuhan.
Penghematan air merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan agar air yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan hidup. Pada saat mandi, mencuci, menggosok gigi, dan kegiatan lainnya yang menggunakan air kita harus menggunakan air secara hemat. Dengan menghemat air, kita akan turut berperan dalam memelihara salah satu sumber kehidupan kita.

79 komentar:

  1. ka apa saja sih manfaat air yang ada di atas?

    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai siti annisa.

      apa sih manfaat air?
      air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      kalau kamu masih kurang jelas nanti tanyakan lagi yah...?

      Hapus
  2. evaporasi artinya apa ?

    "bagus priaji budiono"

    BalasHapus
    Balasan
    1. evaporasi juga dapat di artikan sebagai penguapan dari badan air secara langsung.

      Hapus
  3. ka apa saja sich manfaat air selain yg d atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti yang kakak jelaskan kepada siti aninsa di atas.

      air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      Hapus
  4. ka manfaat daur air bagi mansia apa ka??
    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. air dapat dimanfaat kan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll.

      air juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena di dalam tubuh 65%nya terdiri dari air.
      oleh karena itu air sangaat bermanfaat bagi manusia.

      Hapus
  5. ka manfaat daur air bagi mansia apa ka??
    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. daur air sangat bermanfaat bagi manusia dan seluruh mahluk hidup yang ada di bumi baik hewan maupun tumbuhan karena dari daur air kita dapat merasakan adanya hujan sehingga perputaran air di bumi pun dapat merata.

      coba kalau tidak ada daur air maka di bumi tidak akan ada hujan sehingga menyebabkan kekeringan dan manusiapun tidak akan dapat bertahan hidup.

      Hapus
  6. ka air sangat dibutuhkan oleh tubuh ,karena dari beberapa organ tubuh manusia banyak yg mengandung air .organ membutuhkan banyak air antara lain ,kecuali ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. organ-organ mausia yang sangat memerlukan air di antaranya adalah otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

      Hapus
  7. kak asal mula air brasal dri mna sihh?

    "Haykhal Hilmi"

    Sdn 07 pg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para astronomi berpendapat asal mula air di awali bersamaan dengan terbentuknya bumi.

      Seperti diketahui, 70% permukaan Bumi merupakan air. Namun, asal muasal air yang menutupi planet hunian manusia ini terus menjadi misteri.

      Asal pasti air yang menutupi sekitar 70% permukaan Bumi masih terus menjadi perdebatan dan misteri bagi para ilmuwan. Banyak ilmuwan menduga, obyek di luar angkasa mengirim air ke Bumi dalam tabrakan dahsyat segera setelah Bumi terbentuk.

      Dugaan tersebut menggantikan anggapan air terbentuk bersamaan terbentuknya Bumi. Peneliti berspekulasi, air yang muncul di permukaan planet ini saat terbentuk 4,5 miliar tahun silam kemungkinan besar bisa menguap oleh matahari muda.

      Itu kakak jelaskan secara singkat nanti kalau masih kurang penjelasannya kamu bisa tanyakan kembali yah..

      Hapus
  8. kak,transpirasi artinta apa kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taranspirasi dapat diartikan sebagai penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Oleh karena itu tumbuhan (pohon) sangat bermanfaat bagi proses daur air.

      Hapus
  9. ka uap air naik ke udara membentuk apa ka;ilma amalia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membentuk kumpulan gas yang seperti kita lihat yaitu awan.

      Hapus
  10. kak,transpirasi artinya apa kak??? "Nur Safitri"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transpirasi dapat diartikan secara singkat yaitu penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Hapus
  11. kak mengapa klo daur air sangat membutuhkan matahari


    "ruri rian s.h"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dalam daur, air yang ada di muka bumi hanya dapat naik ke dan berubah menjadi awan haya dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari.

      Oleh karena itu matahari sangat di perlukan dalam proses daur air.

      Hapus
  12. ka siklus hidrologi sering di sebut apa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siklus hidrologi sering disebut sebagai siklus air atau daur air.

      Hapus
  13. kak mengapa kegiatan manusia mempengaruhi daur air?
    JELASKAN!!

    "ruri rian s.h"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua kegiatan manusia dapat mempengaruhi daur air hanya saja ada beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi proses daur air seperti:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.

      Hapus
  14. KAK KENAPA SIH KL POHON YG DI HUTAN PEPOHONANNYA MWRESAP AIRHUJAN? "YOLANDA KRIS RORORA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu dapat di ubah oleh tananman sehingga air hujan dapat berubah secara alami menjadi air tanah.

      Tanaman di hutan mempunyai fungsi lain juga karena dsengan meresap air hujan sehingga dapat mengghindari terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

      Hapus
  15. ka siklus hidrologi di sebut apa??? "dwi via c-b"

    BalasHapus
    Balasan
    1. siklus hidrologi dapat disebut siklus air atau daur air.
      :)

      Hapus
  16. ka kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap daur air di bumi apa??? al-syahra.n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kegiatan manusia yang dapat berdampak pada proses daur air, mungkin kakak sebutkan beberapa diantaranya yaitu:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.

      Hapus
  17. hai ka indah aq sarah
    wah... artikel-y bagus banget.
    jadi aq bisa untuk bacaan untuk UAS deh.

    "thanks ya ka indah"

    BalasHapus
  18. ka aku mau nanya kita diharuskan meminum air sebanyak ??

    "diana nur fitriana "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 8-10 gelas sehari karena di dalam tubuh kita 65%nya terdiri dari air dan banyak organ-organ tubuh kita yang sangat memerlukan air. oleh karena itu manusia sangat memerluakan air

      Hapus
  19. kakknp sih kok tubuh membutuhkan banyak air "yolanda kris rorora

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya hampir sama dengan jawaban dian yaitu karena kita minimal meminum 8-10 gelas sehari karena di dalam tubuh kita 65%nya terdiri dari air dan banyak organ-organ tubuh kita yang sangat memerlukan air. oleh karena itu manusia sangat memerluakan air.

      Hapus
  20. kak kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap daur air di bumi apa saja??? al-syahra.n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan manusia yang berdampak negatif macam2.
      ada yang karena:
      1. Menebang hutang secara liar
      2. membiarkan lahan kosong tidak ditanami
      dengan tumbuhan,
      3. menggunakan air secara berlebihan untuk
      kegiatan sehari-hari, dan
      4. mengubah daerah resapan air menjadi bangunan-
      bangunan lain.
      5. membuang sampah di sungai
      membuat betonisasi untuk jalan.dll

      Hapus
  21. ka kenapa air lebih penting dari udara bagi kehidupan manusia ?


    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya sama2 penting karena di manusia membuhkan oksigen untuk hidup dan begitu juga dengan air, tubuh pun membutuhkan air untuk bertahan hidup.

      Hapus
  22. kak artinya transpirasi artinya apa ??


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transpirasi dapat di artikan yaitu penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.

      Kakak baru mempostingkan data dari siklus hidrologi yang waktu itu kakak bilang hilang, nt kamu bisa melihatnya di postingan yang sebelum ini yah vika.

      Oya terima kasih ya atas kunjungan kamu ke blog kakak.

      Hapus
  23. ka betoninasi apa sihhh?

    "siti annisa hartati"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betonisasi itu pembuatan jalan yang menggunakan semen dan campuran lainnya yang sering kamu dengar seperti "jalanannya sedang di cor atau jalanan itu sedang di beton"
      hal itu bisa di sebut dengan betonisasi.

      Hapus
  24. ka kegiatan manusia yg dpat menyebabkan terganggunya daur air apa sich ka selain yg diatas?????

    "faradita indarsari"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya banyak sekali faradita.
      salah satunya seperti membuang sampah sembaragan, pembuatan jalan menggunakan beton, membiarkan lahan kosong tidak ditanami, dll.

      Hapus
  25. ka apa sich yg dimaksud akomodasi??
    "monica evelin"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akomodasi dapat juga diartikan sebagai sesuatu yg disediakan untuk memenuhi kebutuhan.

      Hapus
  26. kandungan uap airpada awan akan di ubah menjadi hujan jika terjadi peroses apa si kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kandungan uap air pada awan akan di ubah menjadi hujan jika terjadi peroses apa sih kak penguapan apa pendinginan "merina astri cahyani" kelas:v a

      Hapus
    2. Itu karena proses pendinginan, sehingga membentuk kristal es dan kemudian jatuh ke bumi dengan bentuk tetesan air hujan.

      Hapus
  27. ka pembuatan jalan yang tidak mempengaruhi daur air sebaiknya menggunakkan ??


    "jelita salprina"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya menggunakan conblok karen dengan mengunakan conblok air dapat langsung meresap ke dalam tanah.

      Hapus
  28. ka siklus hidrologi sering di sebut apa ??


    "dhea azzahra"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siklus hidrologi sering disebut degan daur air atau siklus air.

      Hapus
  29. ka apa sich yang dimaksud dengan fotosintesis ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di maksud dengan fotosintesis itu adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

      Hapus
  30. ka apa sich yang di maksud daur air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daur / siklus hidrologi, siklus air, atau siklus H2O adalah sirkulasi yang tidak pernah berhenti (terus menerus) dari air di bumi dimana air dapat berpindah dari darat ke udara kemudian ke darat lagi bahkan tersimpan di bawah permukaan dalam tiga fasenya yaitu cair (air), padat (es), dan gas (uap air). Daur air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke Bumi.

      Hapus
  31. ka kenapa sich manusia kalau tanpa air tidak bisa bertahan hidup ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena 65% dari tubuh kita terdiri dari air jadi jika tubuh kita kekurangan air maka kita tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  32. ka kenapa sich manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena 65% dari tubuh kita terdiri dari air jadi jika tubuh kita kekurangan air maka kita tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  33. ka emang nya apa sich per bedaan nya fotosintesis sama daur air ''dian nur hidayah''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau foto sintesis itu membahas tentang proses pembuatan makanan pada tumbuahan tetapi kalau daur air itu menceritakan tentang proses terjadinya hujan.

      Hapus
  34. ka jika seseorang kekurengan air dalam tubuhnya maka orang tersebut akan ??????


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan mati atau tidak dapat bertahan hidup.

      Hapus
  35. ka apa sih artinya daur air dan fotosintesis ??


    "vika vara marlia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotosintesis itu membahas tentang proses pembuatan makanan pada tumbuahan tetapi kalau daur air itu menceritakan tentang proses terjadinya hujan.

      Hapus
  36. kak kenapa sih dinapakan daur air ??? "merina astri cahyani" kelas;v a

    BalasHapus
  37. ka apakah ada manfaat air selain buat mandi dan memasak?

    "aliftra rima rachmadani"

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaat air banyaksekali aliftra, air juga dapat dimanfaatkan manusia sebagai pembangkit tenaga listrik, tempat untuk berekreasi,dan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi.

      Hapus
  38. ka materinya bagus dan video siklus hidrologinya juga bagus ka.
    ka indah kapan ngajar di kelas aku lagi?
    aku tunggu yah ka...

    "Rizki Putra Ramadhan"

    BalasHapus
  39. Kakak saya Nova Yulianti.

    kakak maaf yah saya buru buka blog kakak.
    wah ternyata isi dari soal yang kakak kasih ke saya waktu itu ada semua ya kak jawabannya di sini.

    Terima kasih ya kak indah yang cantik.

    kakak kapan ngajar di kelas saya lagi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya waktu di kelas kamu kan kakak juga sudah katakan kalau semua jawaban ada di blog kakak jadi kamu tingal buka dan baca saja deh.

      hahaha...
      Kamu bisa aja..
      Terima kasih ya :)

      Hapus